Headlines News :
Today is :
Home » » Overdosis Makanan/Minuman

Overdosis Makanan/Minuman

Written By Guntur Pieter on Wednesday, 8 February 2012 | Wednesday, February 08, 2012

Tahukah anda ternyata terlalu banyak mengkonsumsi baik itu makanan atau pun ittu minnuman ternyata jaga tidak baik untuk kesehatan tubuh  kita,
Berkut 7 jenis makanan dan minuman yang jangan terlalu bnyak di konsumsi.

Kopi
Tanpa secangkir kopi di pagi hari, aktivitas pun terhambat. Inilah yang sering diungkapkan oleh para penikmat kopi sejati. Menurut Mayo Clinic, mengkonsumsi kafein lebih dari 600-900 mg/hari akat mengakibatkan insomnia, gelisah, denyut jantung tak teratur, tremor otot, dan sakit kepala.

Pala
Aroma khasnya selalu membuat makanan menjadi nikmat. Namun, semuanya akan berubah ketika dikonsumsi secarah berlebih. Rempah ini juga dijadikan sebagai obat halusinogen. Halusinogen
adalah jenis NAPZA yang dapat menimbuklan efek halusinan yang bersifat mengubah perasaan, pikiran dan seringkali menciptakan daya pandang yang berbeda. Efek samping ini akan timbul 3-8 jam setelah dikonsumsi.

Air putih
Pedoman konvensional minum 8 gelas air putih sehari kini terbukti menjadi mitos. Tapi jika berlebih, keracunan air juga dapat terjadi. Hal ini terjadi jika air yang dikonsumsi terlalu banyak dapat mencairkan konsentrasi sodium dalam darah, berakibat pada ketidakseimbangan elektrolit yang memicu terjadinya hiponatremia. Elektrolit adalah garam ion sederhana yang digunakan oleh sel untuk memindahkan cairan serta pesan saraf yang masuk dan keluar dalam tubuh. Tanpa elektrolit, maka sel dalam tubuh tidak mampu berfungsi.

Belimbing

Keracunan akibat mengkonsumsi buah berbentuk bintang ini terjadi pertama kali di Malaysia (1980). Ditemukannya efek depresi pada sistem saraf pusat. Dikonsumsi dalam jumlah normal belimbing sangat aman, tetapi tidak bagi pemderita gagal ginjal akut. Gejala umum yang terjadi akibat keracunan belimbing adalah cegukan, muntah, insomnia dan gangguan kesadaran.

Teh kombucha
Kombucha adalah teh hasil dari fermentasi jamur kombucha. Biasanya teh ini dujual di toko kesehatan. Teh ini juga dikenal sebagai minuman yang memberikan efek kekebalan bagi tubuh. Konsumsi yang berlebih akan sangat berdampak buruk bagi para penderita penyakit akut. seperti yang dialami oleh penderita HIV di Los Angels, setelah 12 jam mengkonsumsi kombucha ia mengalamai sesak napas, suhu tubuh naik hingga 39,4 derajat, dan menjadi agresif.

Tuna sushi
Pecinta sushi waspadalah, makan teralu banyak ikan tuna mentah dapat meningkatkan asupan merkuri. Ikan yang menduduki rantai makanan paling atas, seperti ikan tuna sirup biru, dapat berakumulasi merkuri karena mereka mengkonsumsi ikan yang lebih kecil. Menurut penilitaian yang dipublikasikan lewat jurnal Biology Letters pada tahun 2010, menunjukkan kandungan merkuri pada ikan tuna di restoran sushi lebi tinggi dibandingkan yang dijual di supermarket.

Wortel
Sayuran kaya vitamin, mineral dan serat sangat baik untuk tubuh. Tapi makan teralu banyak wortel akan membuat overdosis betakaroten yang akan membuat kulit menjadi hitam. Penyakit ini dikenal dengan nama karotenemia. Jumlah yang berlebih cenderung menumpuk pada lapisan terluar kulit, sehingga warna kulit berubah terutama pada bagian telapak tangan, telapak kaki, lutut dan daerah hidung. Kasus ini biasanya banya terjadi pada bayi ketika mereka mereka sering menkonsumsi bubur yang dicampur dengan wortel..

Sudah tahu kan maka dari pada intu kurang-kurangilah konsumsi jenis2 makanan tersebut,

Ingatlah dengan slogan “Sehat itu mahal tapi lebih mahal lagii jika anda sakit”.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. cafe CAKWE ketapang - All Rights Reserved
Template Design by Guntur Gunawan Published by POLTEKKES KEMKES PONTIANAK