Headlines News :
Today is :
Home » , » Purple Protein Shake

Purple Protein Shake

Written By Unknown on Tuesday 1 May 2012 | Tuesday, May 01, 2012

Bahan yang akan kita gunakan yaitu ubi jalar ungu atau purple sweet potato. Berbeda dengan ubi jalar biasa, ubi jalar ungu memiliki warna yang lebih ungu karena kandungan antioksidan antosianinnya.

Fakta menarik dari ubi jalar adalah kemampuan mereka dalam memperbaiki pengaturan kadar gula darah

Berbeda dengan ubi jalar biasa (yang berwarna agak jingga), ubi ungu memiliki gen yang dapat memproduksi antosianin yaitu pigmen yang menyebabkan ubi tersebut berwarna ungu. Gen-gen yang penyebab warna ungu telah berhasil diidentifikasi oleh ilmuwan yaitu gen IbMYB1 dan IbMYB2. Gen-gen ini menghasilkan antosianin dalam jumlah yang banyak sehingga memberikan warna ungu. Antosianin dapat juga memberikan warna merah dan biru tergantung dari sumber dan jenis bahannya. Antosianin yang terdapat dalam ubi ungu terdiri dari dua jenis yaitu peonidin dan sianidin. Kedua senyawa antosianin ini memiliki sifat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Dalam saluran pencernaan, zat-zat ini akan menurunkan potensi resiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh logam berat dan radikal bebas.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Soyoung Lim (2009), seorang mahasiswa S3 bidang studi Human Nutrition di Kansas State University, membuktikan manfaat kesehatan dari peonidin dan sianidin. Hasil penelitian Lim mengungkapkan bahwa dengan konsentrasi rendah saja dari peonidin dan sianidin pada sel kanker usus besar manusia ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut secara nyata (signifikan), tapi tidak mempengaruhi perubahan siklus sel. Hasil penelitian ini dipresentasikan pada Experimental Biology Meeting di New Orleans April 2009.

Nutrisi dari ubi ungu tidak bisa diserap dengan sempurna jika tidak diolah atau dimasak terlebih dahulu. Teknik memasak dengan cara mengukus dan merebus dapat membantu keterserapan nutrisi-nutrisi dari ubi ungu. Hasil penelitian terakhir menunjukkan dengan mengukus dapat mempertahankan aktifitas dan jumlah antosianin. Pengukusan menginaktifkan enzim-enzim peroksida yang dapat merusak antosianin. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa perebusan dapat menurunkan nilai glikemik indeks dari ubi ungu.

Banyak orang berpikir bahwa umbi-umbian yang berpati tidak dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Ini disebabkan karena makanan berpati dapat dengan mudah diubah menjadi gula sederhana dalam pencernaan. Akan tetapi hal ini hanya berlaku jika bahan makanan tersebut mengandung hampir 100% pati. Fakta menarik mengenai ubi jalar (termasuk ubi ungu) adalah kemampuan mereka dalam memperbaiki pengaturan kadar gula darah, bahkan juga pada penderita diabetes tipe 2. Ini disebabkan karena kandungan serat pangan yang terkandung di dalamnya (lebih dari 3 g serat pangan dalam ubi jalar ukuran medium), dan jika direbus atau dikukus nilai indeks glikemiknya menjadi hampir 50.

Penelitian terakhir menyebutkan ekstrak dari ubi jalar dapat meningkatkan adiponektin pada penderita diabetes tipe 2. Adiponektin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel lemak, dan berfungsi sebagai pengatur metabolisme insulin. Orang dengan metabolisme insulin buruk dan memiliki ketidakpekaan insulin memiliki adiponektin dalam jumlah yang rendah dibandingkan dengan orang sehat. Namun masih diperlukan penelitian dalam skala yang lebih besar mengenai hal tersebut sehingga datanya akan lebih menunjang.

Untuk 1 porsi
Bahan
100 g ubi ungu (dikukus)
1 scoop Prostar 100% Whey Protein Vanilla
3 sdm susu skim bubuk
250 ml air matang
½ sdm oatmeal instant

Cara membuat

  1. Kupas ubi ungu setelah dikukus. Dapat juga mengolahnya langsung bersama kulitnya tapi pastikan untuk mencuci bersih sebelum dikukus.
  2. Potong-potong ubi ungu kukus.
  3. Masukkan semua bahan dalam blender atau food processor. Kemudian proses sampai halus.
  4. Siap dikonsumsi.

Nilai gizi per porsi
Energi: 259 kkal
Lemak: 3 g
Karbohidrat: 26.6 g
Serat: 2,7 g
Protein: 31 g

Tips dan saran

  1. Dapat dikonsumsi sebelum dan/atau sesudah olahraga.
  2. Dapat dikonsumsi sebagai meal replacement saat snacking time.
  3. Gunakan ubi ungu yang kulit dan dagingnya berwarna ungu agar manfaat nutrisi yang diperoleh lebih banyak.

Keterengan.
bagi anda yang belum mempunnyai Whey Protein anda bisa mencari informasi atau membelinya di SINI

Sumber dunia fitnes

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. cafe CAKWE ketapang - All Rights Reserved
Template Design by Guntur Gunawan Published by POLTEKKES KEMKES PONTIANAK